Kasus Covid-19 Mulai Menurun, IHSG Bisa Berangsur Naik

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 278 2361827 kasus-covid-19-mulai-menurun-ihsg-bisa-berangsur-naik-idzuXD0HSp.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada minggu ketiga Februari 2021. Pasalnya, akan ada beberapa sentimen positif untuk pergerakan harga saham.

Direktur Investama Hans Kwee mengatakan beberapa pekan terakhir terjadi penurunan tajam kasus baru Covid 19 dan rawat inap membuat pasar saham memiliki sentimen postif.

 Baca juga: Rekomendasi 3 Film Bertema Saham dari MNC Sekuritas, Masukkan ke Playlist Kamu!

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan terjadi penurunan kasus baru Covid 19 dalam empat pekan terakhir berturut-turut. WHO mengatakan meski lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi di sejumlah negara, tetapi trend penurunan di level global merupakan kabar yang menggembirakan. Selain jumlah infeksi, angka kematian akibat Covid-19 di level global juga turun.

"WHO menyebut penurunannya terjadi selama dua pekan berturut-turut. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong pasar saham ke level tertinggi," kata Hans Kwee di Jakarta, Minggu (14/2/2021).

 Baca juga: Rekomendasi Saham yang Cuan di Tahun Kerbau Logam

Lalu, mengenai Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada tanggal 17 dan 18 Februari 2021 ada peluang penurunan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 3,5% juga memberikan sentimen pada pergerakan saha.

"Faktor yang akan mempengaruhinya adalah pertumbuhan ekonomi di kuartal ke IV yang relative mengecewakan. Selain itu beberapa kali perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di awal tahun dapat menekan perbaikan pertumbuhan ekonomi Nasional," katanya.

Dia menambahkan pasar saham minim sentimen positif sehingga kenaikan mungkin realtif terbatas. Pasar saham lebih berpotensi konsolidasi dan ada peluang terjadi aksi ambil untung setelah kenaikan 2 pekan terakhir.

"IHSG berpotensi bergerak dengan support di level 6.157 sampai 6.018 dan resistance di level 6.286 sampai 6,300," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini