Nama Besar MNC Sekuritas, Investor Cerdas Wajib Tahu 5 Hal Ini!

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 278 2343464 nama-besar-mnc-sekuritas-investor-cerdas-wajib-tahu-5-hal-ini-lyVodXUSWl.jpg MNC Sekuritas (MNC Sekuritas)

JAKARTA – Ada-ada saja modus yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan nama besar MNC Sekuritas. Belakangan ini beredar modus penipuan dengan menggunakan akun media sosial atau nomor Whatsapp mengatasnamakan MNC Sekuritas.

Akun-akun palsu ini seringkali membuat nasabah atau calon nasabah MNC Sekuritas kebingungan.

 Baca juga: Pastikan Transaksi Pakai Aplikasi MNC Trade New, Ini Resep Kejar Momentum Cuan: Tahu Jam Perdagangan Saham!

Head of Corporate Secretary MNC Sekuritas Nathania mengingatkan agar investor berhati-hati dan tetap waspada dalam berinvestasi saham. Lebih lanjut, dia berharap agar investor maupun calon investor MNC Sekuritas selalu mengecek kebenaran suatu informasi sebelum menempatkan dana investasinya. 

Sebagai investor cerdas, kamu perlu tahu 5 hal penting ini supaya tidak terjebak oleh modus penipuan yang marak terjadi.

 Baca juga: Kisah Unik Nasabah MNC Sekuritas: Saya Terima Nikahnya dengan Mahar Saham Dibayar Tunai!

1. Pastikan Komunikasi ke Email atau Media Sosial Resmi MNC Sekuritas

Cek dahulu alamat email atau media sosial resmi MNC Sekuritas sebelum mengirimkan pertanyaan atau informasi tertentu supaya memperoleh data yang benar dan valid. Akun media sosial resmi MNC Sekuritas antara lain: Instagram: @mncsekuritas; Facebook: MNC Sekuritas; Twitter: @MNCSekuritas; YouTube: MNC Sekuritas

Hati-hati dengan akun bodong yang namanya sengaja dibuat menyerupai nama akun resmi MNC Sekuritas, contohnya: @mnc.sekuritas, @mncsekurutas, @mncserukurutas, @mncsekuriitas, @cs.mncsekuritas. Jika kamu tidak teliti, bisa saja kamu menjadi korban penipuan oknum tak bertanggung jawab.

Alamat email resmi MNC Sekuritas menggunakan domain @mncgroup.com atau @mncsekuritas.id. Sebaiknya kamu waspada jika email yang digunakan dapat dibuat umum secara personal dengan bebas seperti @yahoo.com atau @gmail.com.

Jika kamu mendapatkan chat, SMS, telepon atau email dari nomor atau akun yang tidak dikenal yang mengatasnamakan MNC Sekuritas, sebaiknya tidak langsung percaya. Jika ingin mengecek kebenaran informasinya, kamu bisa menghubungi layanan Call Center MNC Sekuritas melalui telepon 1500899 (tekan 3) dan email [email protected] Call Center dan Customer Service MNC Sekuritas tidak memiliki nomor Whatsapp.

2. Transfer Dana ke Rekening Dana Investor (RDI) atas Nama Kamu

Pada saat kamu membuka rekening saham, kamu juga wajib membuka Rekening Dana Investor (RDI) sebagai rekening penampungan dana untuk investasi saham di bank yang telah kamu pilih. Sistem akan melakukan pendebetan dana di RDI jika transaksi pembelian saham berhasil. Hati-hati jika ada oknum yang meminta kamu mengirimkan sejumlah dana ke rekening lain selain RDI atas nama kamu saat membuka rekening saham di MNC Sekuritas. Jangan sampai menyesal jika kamu tidak bisa menghubungi oknum tersebut setelah melakukan transfer dana, seperti kisah cinta bertepuk sebelah tangan. 

3. Jangan Mudah Tergiur Janji Manis

Investasi seperti koin dengan dua sisi, memiliki potensi keuntungan dan risiko yang tidak terpisahkan. Hati-hati terhadap tawaran investasi yang tidak masuk akal, apalagi mengiming-imingi imbal hasil dengan persentase return tetap dan menggiurkan hanya dalam waktu singkat. Besaran imbal hasil investasi saham bervariasi, tergantung pemilihan saham dan momentum tren saham tersebut. Jangan mudah tergiur janji manis oknum yang menjanjikan imbal hasil puluhan hingga ratusan persen dalam jangka waktu beberapa bulan saja. 

4. Laporkan Akun Media Sosial yang Mencurigakan

Jika merasa ada akun yang mencurigakan, kamu bisa membantu MNC Sekuritas untuk melaporkan akun bodong tersebut. Buka profil akun yang mencurigakan, pilih ‘report’, ‘it’s inappropriate’, ‘report account’, ‘it’s pretending to be someone else’, ‘someone I know’ kemudian pilih opsi ‘block.’

5. Jangan Berikan Password & PIN MNC Trade New kepada Siapapun

Sebagai nasabah baru, kamu akan memperoleh User ID, password, dan pin untuk login dan bertransaksi dengan aplikasi MNC Trade New. Segera lakukan penggantian password dan pin, dan pastikan tidak memberitahukan informasi rahasia ini kepada siapa pun, termasuk jika ada oknum yang mengatasnamakan MNC Sekuritas.

MNC Sekuritas tidak pernah meminta informasi pribadi berupa password maupun pin nasabah. Untuk verifikasi data, tim MNC Sekuritas biasanya hanya meminta informasi kode nasabah.

Dengan memperhatikan lima hal penting di atas, semoga kamu dapat berinvestasi dengan nyaman dan tenang, tanpa diombang-ambing penawaran dari oknum atau akun palsu. Seperti kata Bang Napi, waspadalah, waspadalah! Ayo jadi investor cerdas bersama MNC Sekuritas! MNC Sekuritas adalah unit usaha jasa keuangan di bidang pasar modal dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. MNC Sekuritas merupakan Anggota Bursa Efek Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini