IHSG Kembali Gacor, Investor Hiraukan Dampak PSBB

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 278 2341049 ihsg-kembali-gacor-investor-hiraukan-dampak-psbb-E45XrUbnCU.jpeg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Pengamat pasar modal Oktavianus Audi mengatakan bahwa IHSG diprediksi masih akan bergerak positif. Sebelumnya, memang sempat diprediksi bahwa trennya akan negatif dengan adanya hantaman sentimen negatif beberapa kali.

"Saya pikir dengan kemarin beberapa kali ada sentimen negatif akan negatif, namun sejak pengumuman PSBB ketat ternyata sudah lumayan dihiraukan dan investor bersikap rasional dengan berfokus pada aspek kedepannya," ujar Audi dalam IDX Channel Live di Jakarta, Jumat (8/1/2020).

 Baca juga: Sahamnya Sering Disebut Kaesang, PGN Buka Suara

Begitupula dengan pasar Asia yang tadi pagi reli, hal ini akan berdampak pada IHSG. Oleh karena itu, ditargetkan IHSG berada di posisi 6195 pada hari ini.

"Kasus harian Covid-19 memang terus meningkat, apalagi tanggal 6 lalu tembus 8.800 kasus harian. Pasar memang sempat drop kala itu, tapi juga ada sentimen positif dari Joe Biden yang diterima Kongres sebagai pemenang," ungkap Audi.

 Baca juga: IHSG Menguat Tembus 6.200, Ini Pemicunya

Sentimen positif ini muncul meskipun sempat ada kericuhan kemarin. Kendati kericuhan terjadi, transisi pemerintahan dari Trump ke Biden berjalan mulus. Jika Demokrat akan mengisi kongres, kata dia, ini akan menjadi awal yang baik karena fokus Demokrat lebih ke arah kesehatan.

"Kalau sudah mulai berjalan itu kongres dan presiden baru, stimulus akan bertambah dari stimulus sebelumnya. Ini akan menggairahkan pasar global juga," tambah Audi.

Dia mengatakan, tren IHSG jangka menengah untuk target terdekatnya di 6195, ini masih sangat mudah untuk reli lebih tinggi.

"Support masih di level 6050. Kalau masih bertahan sampai Jumat ini, hari ini masih kuat bisa dijaga di level 6.000-6.050. Jika stay disana, IHSG kita masih cukup baik," pungkas Audi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini