Yusuf Mansur hingga Putra Presiden Jokowi Rekomendasi Saham, Ini Kata BEI

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 278 2339279 yusuf-mansur-hingga-putra-presiden-jokowi-rekomendasi-saham-ini-kata-bei-QKn6YVRskJ.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat suara terkait maraknya aksi influencer yang turut mempromosikan sejumlah saham di media sosial. Adapun beberapa influencer yang turut serta meramaikan promosi saham diantaranya Raffi Ahmad, Ari Lasso, Ustaz Yusuf Mansur dan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo mengatakan, pihaknya akan mengajak para influencer untuk berdiskusi mengenai promosi sejumlah saham.

 Baca  juga: Baru Awal Tahun, 28 Perusahaan Sudah Daftar Listing di Bursa

"Kita akan ajak diskusi para influencer ini, di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka," ujar Laksono dalam keterangan tertulis, Selasa (5/1/2020).

Meskipun begitu, Laksono juga mengingatkan agar para influencer bertanggung jawab secara moral untuk para followersnya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum

 Baca juga: Menko Airlangga Pede 30 Perusahaan Bakal IPO Tahun Ini

"Juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para followersnya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," kata dia.

"Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," sambungnya.

Selain itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pihaknya telah meminta klarifikasi ke salah satu perusahaan terkait promosi salah satu saham kepada influencer.

"Untuk mengklarifikasi hal ini, kami telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait. Kita tunggu dulu tanggapannya," ucap Nyoman.

Seperti diketahui, sejumlah influencer turut mempromosikan sejumlah saham di media sosialnya. Ari Lasso dan Raffi Ahmad di media sosial Instagram mempromosikan saham PT M Cash Integrasi (MCAS). Kemudian, Ustaz Yusuf Mansur dan Kaesang kerap mempromosikan sejumlah saham BUMN di media sosialnya masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini