4 Buku Investasi Rekomendasi dari Warren Buffett untuk Belajar Saham

INews.id, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 278 2334491 4-buku-investasi-rekomendasi-dari-warren-buffett-untuk-belajar-saham-RsAcSBpcSs.jpg Warren Buffett (Foto: Okezone/CNBC)

JAKARTA - Siapa yang tidak kenal Warren Buffett. Investor legendaris yang juga salah orang terkaya di dunia ini kerap menjadi perhatian pelaku pasar ketika melakukan investasi.

Founder & CEO Better Boach Trey Lockerbie berkesempatan makan malam dengan Buffett beberapa tahun silam. Saat itu, Lockerbie yang masih menjadi trader saham mengajukan pertanyaan soal investasi.

Dia menanyakan apakah buku-buku Benjamin Graham yang menjadi panduan Buffett tak ketinggalan zaman. Pasalnya, guru Buffett tersebut menulis buku "Security Analysis" pada 1934 dan "Intelligent Investor" pada 1949.

Baca Juga: Kisah Warren Buffett Jadi Orang Terkaya Dunia hingga Dijuluki The Oracle of Omaha 

Namun, Bufett tetap memakai value investing yang diajarkan oleh Graham sebagai strategi investasinya selama beberapa dekade. Menurut Buffett, apa yang diajarkan Graham masih tetap relevan hingga kini.

Tak hanya buku Graham, Buffett juga merekomendasikan dua buku lainnya yang ditulis oleh George Goodman, pengamat ekonomi yang menggunakan nama pena "Adam Smith".

Berikut empat buku yang direkomendasikan Buffett bagi investor dikutip dari CNBC, Minggu (27/12/2020):

1. Security Analisis

 

Benjamin Graham, Bapak Value Investing menulis buku berjudul Security Analysis pada dekade 1930-an. Profesor Columbia Business School itu menulis bersama rekannya, David Dood. Isinya, bagaimana memburu saham bagus dan menyimpan dalam waktu lama. Buku ini memberikan dampak besar bagi Buffett. Buffett bertemu dan diajari langsung oleh dua dosen di Columbia Business School itu setelah tahu keduanya masih hidup.

"Saya bilang, 'Halo Profesor Dodd. I saya pikir kalian sudah mati, tapi saya baru tahu kalau kalian masih hidup dan mengajar di Columbia, saya benar-benar ingin bertemu," katanya.

2. Intelligent Investor

Buffett merekomendasikan buku "Intelligent Investor" berkali-kali kepada siapapun yang tertarik berinvestasi saham. Buku ini ditulis oleh Benjamin Graham. "Kehidupan keuangan saya berubah setelah membelinya. Ide-ide Ben dengan sangat baik dijelaskan secara logis dan elegan, (buku ini) sangat mudah dipahami," kata Buffett dalam surat kepada pemegang saham Berskhire Hathaway pada 2013.

Buku ini menawarkan bacaan yang mendalam soal value investasi. "Dari seluruh investasi yang pernah saya lakukan, membeli buku Ben adalah yang terbaik," katanya.


3. The Money Game

Buku tulisan George Goodman ini dipuji Buffet. "The Money Game luar biasa inspiratif dan dia tahu cara mengolah kata dengan baik," katanya.

Dalam buku yang diterbitkan pada 1968 itu, Goodman berpendapat pasar saham harus dilihat sebagai permainan. Dia menggunakan kondisi Wall Street pada 1960an sebagai contoh.

4. Supermoney

Buku Supermoney karangan Goodman alias Adam Smith ini diterbitkan pada 1972. Buku ini bercerita tentang kondisi pasar pada 1970-an, termasuk di dalamnya profil Warren Buffett yang saat itu sudah berperan sebagai fund manager. "Dalam buku ini, Adam Smith menggambarkan berinvestasi lewat metafora permainan baseball. Dia benar," katanya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini