Bank Syariah Indonesia Menuju Pemain Global, Bagaimana Caranya?

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 278 2328867 bank-syariah-indonesia-menuju-pemain-global-bagaimana-caranya-nVymwDGQp4.jpg Bank Syariah (Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa ke depannya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau bank hasil penggabungan tiga bank syariah dapat memiliki ekosistem syariah yang kuat dan sehat. Selain itu, bank ini diharapkan mampu menjadi salah satu pemain syariah global yang berperan dalam konteks ekonomi syariah internasional.

Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo, ini menjelaskan, perihal rencana Bank Syariah Indonesia menjadi salah satu pemain syariah global adalah bukan untuk menuju pasar global, melainkan ingin memiliki lisensi di global untuk dapat mengakses pasar global sukuk.

 Baca juga: Ini Daftar Jajaran Direksi Bank Syariah Indonesia

"Karena kita memahami Indonesia sebagai negara yang sangat membutuhkan pendanaan untuk pembangunan infrastruktur kita sebenarnya selama ini belum terlalu banyak menggunakan produk syariah yang cocok untuk pembangunan infrastruktur," ujar Tiko dalam video conference, Rabu (16/12/2020).

Tiko menambahkan, sukuk terutama dengan pasar global yang kian besar saat ini merupakan salah satu pasar yang bisa dituju oleh bank hasil penggabungan ini untuk melakukan pendanaan proyek-proyek baru maupun recycle dari proyek-proyek lama yang sudah ada di Indonesia.

 Baca juga: Sah, Hery Gunardi Jadi Dirut Bank Syariah Indonesia

"Dan itu merupakan struktur yang pas, contohnya untuk pembiayaan jalan tol, pembiayaan pembangkit listrik, dan sebagainya," kata dia.

Komisaris Utama Bank BRI ini juga meyakini dengan tiga keunggulan yang dibawa masing-masing bank induk dari penggabungan ini dimana Bank BRI memiliki keunggulan di mikro, Bank BNI memiliki keunggulan di consumer, dan Bank Mandiri memiliki keunggulan di Wholesale akan memiliki kompetensi yang lengkap

Selain itu, tentunya dengan dukungan dari sisi teknologi, humas resources, risk management juga diharapkan membuat Bank Syariah Indonesia akan menjadi bank yang kompetitif, berkesinambungan dan yang paling penting bagaimana menjadi platform yang meningkatkan peran daripada ekonomi Islam maupun ekonomi dari produk-produk halal yang memang diharapkan jadi ekosistem baru dari perekonomian Indonesia.

"Jadi, ada tiga bank yang besar yang mendukung ekosistem ekonomi Islam dan ekonomi halal ini diharapkan juga pengembangan ekonomi syariah bisa semakin baik dengan berbagai inovasi-inovasi yang melakukan pendanaan dari Bank Syariah Indonesia," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini