Libur Akhir Tahun Dipangkas, Penutupan Bursa Saham Bagaimana?

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 278 2320057 libur-akhir-tahun-dipangkas-penutupan-bursa-saham-bagaimana-KIRY2JHlCa.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memangkas libur akhir tahun sebanyak tiga hari. Pemangkasan libur tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah penyebaran Covid-19.

Pemangkasan libur akhir tahun ini juga akan mempengaruhi penutupan akhir tahun dan pembukaan awal tahun perdagangan pasar modal Indonesia. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi menyebut hal tersebut belum diputuskan karena masih dalam pembahasan.

 Baca juga: Wajib Dijalani, 5 Tips Aman Tidak Terpapar Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

"Belum putus (jadwal penutupan dan pembukaan bursa), masih kita diskusikan dan juga menunggu kliring Bank Indonesia (BI)," ujar Inarno saat dihubungi MNC Portal, Rabu (2/12/2020).

Inarno menambahkan, kliring BI akan menjadi patokan untuk BEI menentukan kapan waktu penutupan akhir tahun dan pembukaan awal tahun perdagangan di bursa.

 Baca juga: Cuti Bersama Dipangkas 3 Hari, Netizen: Mama Saya Butuh Liburan

"Tergantung kliring BI ya, kalau BI kliring terbatas di 31 (Desember), ya kita penutupan di 30 Desember dan buka di tanggal 4 (Januari 2021)," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan memangkas libur akhir tahun sebanyak tiga hari yaitu tanggal 28, 29 dan 30 Desember 2020.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini