6 Cara Investasi Saham ala Warren Buffett, Yuk Disimak

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 278 2317909 6-cara-investasi-saham-ala-warren-buffett-yuk-disimak-ZglybIXyeb.png Warren Buffe (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA – Di tengah keadaan yang tidak pasti akibat pandemi virus corona atau Covid-19, investasi saham akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat. Berinvestasi di pasar modal menjanjikan keuntungan yang besar.

Investasi saham memang dapat memberikan cuan yang berlimpah, namun perlu diketahui, bahwa saham merupakan jenis investasi yang memiliki risiko tinggi. Terlebih di masa pandemi saat ini dengan keadaan ekonomi yang tidak stabil.

Dilansir dari CNBC Make It Jakarta, Sabtu (28/11/20), enam cara terbaik berinvestasi dan nasihat hidup yang pernah disampaikan oleh seorang miliarder sekaligus CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, bisa menjadi acuan untuk belajar memulai investasi saham.

1. Pikirkan Jangka Panjang

Jika akan melakukan investasi saham, jangan hanya memilih perusahaan dengan kinerja baik pada saat ini. Sebaliknya, pertimbangkan juga perusahaan yang memiliki daya tahan.

Baca Juga: Dear Milenial, Kenali Dulu Risikonya Sebelum Investasi Saham 

Dalam suratnya tahun 1996, Buffet pernah menyarankan untuk mengumpulkan portofolio perusahaan yang pendapatan agregatnya naik selama bertahun-tahun.

“Kumpulkan portofolio perusahaan yang pendapatan agregatnya naik selama bertahun-tahun, dan begitu juga dengan nilai pasar portofolio,” tulis Buffett.

2. Tetap di Jalur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, investasi saham memiliki risiko tinggi. Harga saham di pasaran bisa saja ambruk. Meskipun begitu, Buffett meminta investor untuk tetap tenang dan tidak stres.

Tetaplah berada di jalur dan yakin bahwa telah berinvestasi di perusahaan yang tepat dan akan bertahan dalam ujian waktu.

"Investor perlu kemampuan untuk mengabaikan ketakutan atau antusiasme massa dan untuk fokus pada beberapa fundamental sederhana,” tulisnya.

 buffett

3. Menikah dengan Orang Yang Tepat

Buffett mengatakan bahwa menikah dengan orang yang tepat akan sangat mempengaruhi hidup seseorang. Nasihat hidup itulah yang bertahun-tahun disampaikan olehnya. Seperti yang dia katakan pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2009.

"Menikahlah dengan orang yang tepat. Saya serius tentang itu. Itu akan membuat lebih banyak perbedaan dalam hidup Anda. Itu akan mengubah aspirasi Anda, semua jenis hal,” kata Buffet.

4. Beli Index Funds (Reksa Dana Indeks)

Membeli reksa dana indeks adalah cara yang dapat diandalkan untuk memanfaatkan keuntungan pasar sambil melakukan lindung nilai terhadap risiko. Buffet merekomendasikannya sebagai cara untuk meningkatkan tabungan pensiun.

“Secara konsisten beli reksa dana indeks berbiaya rendah,” katanya kepada CNBC On The Money pada 2017.

5. Investasi Pada Diri Sendiri

Menurut Buffett, sejauh ini, investasi yang terbaik adalah pada diri sendiri. Dia mengatakan seseorang perlu berkomunikasi dengan baik baik secara tertulis maupun secara langsung. Mengasah keterampilan itu dapat meningkatkan nilai diri setidaknya 50%.

“Sejauh ini, investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri,” kata Buffett pada 2019.

6. Ingatlah Bahwa Uang Bukan Segalanya

Menjadi salah satu orang terkaya di dunia, lantas tak membuat Buffet menggunakan kekayaan sebagai ukuran kesuksesan. Baginya, pada akhirnya semua akan bermuara pada orang-orang terdekat yang mencintai dengan tulus.

"Diberikan cinta tanpa syarat adalah manfaat terbesar yang pernah Anda dapatkan," kata Buffett kepada mahasiswa MBA dalam pidato tahun 2008.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini