Mengejutkan, Warren Buffett Jual USD1,3 Miliar Saham Costco

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 278 2314064 mengejutkan-warren-buffett-jual-usd1-3-miliar-saham-costco-e95lTsVQB0.jpg Warren Buffet Lepas Saham Costco. (Foto: Okezone.com/CNBC)

JAKARTA – Secara mengejutkan, Warren Buffet melalui perusahaannya Berkshire Hathaway telah melepas sahamnya di Costco pada kuartal III-2020. Keputusan ini dinilai beberapa analis kontroversi karena beberapa alasan.

Perusahaan investor itu meningkatkan posisinya di perusahaan internasional dalam bidang pemasaran dari 355.000 saham senilai USD32 juta pada Desember 1999, menjadi 4,3 juta saham senilai USD1,3 miliar pada akhir Juni tahun ini. Harga saham Costco meroket dari kurang dari USD50 ke utara USD300 dalam rentang waktu itu, peningkatan sekitar 500%.

Baca Juga: Kisah Warren Buffett Jadi Orang Terkaya Dunia hingga Dijuluki The Oracle of Omaha

Hubungan erat antara Berkshire dan Costco menambah misteri. Charlie Munger, mitra bisnis lama Buffett dan Vice Chairman Berkshire telah menjadi direktur Costco sejak 1997 dan secara pribadi memiliki lebih dari USD60 juta sahamnya pada bulan lalu.

Sementara, Direktur Berkshire lainnya, juga duduk di dewan Costco, Susan Decker memperkuat hubungan dekat kedua perusahaan. Selain itu, Buffett dan Munger telah banyak memuji Costco selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-90, Warren Buffett Borong 5 Saham Perusahaan Jepang

"Costco adalah organisasi yang benar-benar luar biasa. Kita seharusnya memiliki banyak Costco selama bertahun-tahun. Charlie mendukungnya, tetapi saya gagal," kata Buffett pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire tahun 2000 seperti dilansir dari Bussinessinsider, Minggu (22/11/2020).

Munger berbagi beberapa alasannya mengagumi perusahaan yang menjual produk dalam jumlah besar dengan harga murah melalui ratusan gudang khusus anggota pada pertemuan Berkshire tahun 2011.

Dia mengatakan Costco adalah bisnis yang menjadi yang terbaik di dunia dalam kategorinya, dan itu dilakukan dengan meritokrasi yang ekstrim dan tugas etis yang ekstrim, dipaksakan sendiri, untuk mengambil semua keuntungan biaya secepat mungkin mengumpulkannya. dan menyampaikannya kepada pelanggan. Dan, tentu saja, hal itu menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat.

"Sungguh bisnis yang luar biasa untuk dilihat. Jika sekali atau dua kali seumur hidup Anda dikaitkan dengan bisnis seperti itu, Anda adalah orang yang sangat beruntung," kata Munger.

Buffet mengikuti pernyataan Munger. Dia mengibaratkan keputusan melepas saham di Costco seperti cerita dalam fiksi.

"Munger dan saya berada di pesawat baru-baru ini yang dibajak. Para pembajak memilih kami sebagai dua kapitalis kotor yang harus mereka eksekusi. Tapi mereka sedikit malu tentang itu. Mereka tidak benar-benar menentang kita, jadi mereka mengatakan bahwa masing-masing dari kita akan diberi satu permintaan sebelum mereka menembak kita, dan mereka menoleh ke Charlie dan mereka berkata, 'Apa yang kamu inginkan sebagai permintaanmu?'" kata Buffet.

"Saya ingin menyampaikan sekali lagi pidato saya tentang keutamaan Costco, dengan ilustrasi," jawab Munger, dalam cerita Buffett.

"Yah, kedengarannya cukup masuk akal bagi saya," jawab si pembajak. "Dan apa yang Anda inginkan, Tuan Buffett?"

"Tembak aku dulu," kata Buffett.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini