Banyak Perusahaan IPO di Tengah Corona

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 278 2313126 banyak-perusahaan-ipo-di-tengah-corona-GDIzgjnTIg.jpg Banyak Perusahaan IPO Selama Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dalam laporan Ernest & Young (E&Y) menyebutkan bahwa aktivitas IPO year to date 2020 Asia-Pasifik telah melampaui aktivitas year to date2019 baik dalam volume (29%) maupun hasil (88%).

Aktivitas di wilayah tersebut dipercepat sebagian karena kebijakan stimulus pemerintah terkait pandemi Covid-19, misalnya subsidi pekerjaan yang diberikan kepada maskapai penerbangan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Airbnb Lanjutkan IPO meski Babak Belur Dihantam Corona

EY Global IPO Leader Paul Go mengatakan di Greater China, aktivitas IPO Kuartal III-2020 berada di jalur yang tepat untuk mencapai rekor tertinggi dalam sejarah dengan jumlah transaksi dan pendapatan year-on-year naik sebesar 152% dan 139%.

"Ini karena ketegangan perdagangan AS-China meningkat menjelang Pemilihan Presiden AS, beberapa perusahaan China yang terdaftar di bursa AS memilih untuk melakukan pencatatan sekunder di bursa Greater China, memanfaatkan pasar ekuitas China," jelas Paul dalam siaran pers Jumat.

Adpaun pasar di Jepang juga meningkat dibandingkan dengan kuartal III-2019 sebesar 67% dalam jumlah transaksi dan 40% dalam pendapatan.

Baca Juga: Melantai di BEI, Sunindo Adipersada Bidik Pasar Global Mainan Anak

Menurut dia, kuartal III-2020 merupakan kuartal paling aktif dalam 20 tahun terakhir berdasarkan pendapatan. Serta kuartal ketiga tertinggi kedua berdasarkan angka transaksi.

Di sisi lain, aktivitas IPO yang sehat pada kuartal III-2020 menunjukkan bahwa perusahaan di Asia-Pasifik memanfaatkan peluang untuk go-public. Hal tersebut dalam rangka meningkatkan ketahanan dan meningkatkan basis modal mereka untuk investasi dan pertumbuhan. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini