Perdagangan Bursa Saham Australia Dihentikan Sementara, Kenapa?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 16 November 2020 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 278 2310249 perdagangan-bursa-saham-australia-dihentikan-sementara-kenapa-io0GqsUZty.jpg Bursa Saham (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perdagangan di Bursa Efek Australia atau lebih dikenal dengan nama Australian Securities Exchange (ASX) dihentikan sementara pada pembukaan pasar hari karena ada masalah teknis.

Indeks saham dibekukan tiga jam lalu pada pukul 10.24 pagi AEDT menyusul masalah data yang tidak disebutkan namanya. ASX pertama kali mengatakan telah diidentifikasi sebelum menarik pembaruan dan melanjutkan penyelidikannya. Demikian seperti dilansir SMH, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Pembaruan sistem terbaru pada pukul 13:30 mengatakan proses sedang berlangsung dan pembaruan akan selesai pada pukul 14:00.

Namun, kini perdagangan ASX telah ditutup lebih awal setelah terjadi kesalahan dan pekerjaan sedang berlangsung untuk memungkinkan perdagangan dilanjutkan pada pukul 10 besok.

Operator pasar pada pukul 3 sore mengumumkan telah mengidentifikasi penyebab mendasar dari masalah yang telah membekukan pasar sejak pukul 10.24 AEDT.

"Sebuah jalur resolusi sudah ada untuk memungkinkan perdagangan dimulai besok pada 10 pagi," kata ASX dalam sebuah pernyataan. Informasi lebih lanjut diharapkan segera dirilis.

Indeks saham ASX naik sebanyak 1,3% ke level 6.483 mendekati level tertinggi sembilan bulan sebelum perdagangan dihentikan. Sejumlah saham blue-chip - termasuk bank, penambang, dan CSL bioteknologi - melonjak.

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini