Wall Street Meroket Sikapi Hasil Uji Coba Vaksin Pfizer dan BioNTech

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 278 2306995 wall-street-meroket-sikapi-hasil-uji-coba-vaksin-pfizer-dan-biontech-H0olYl53qM.jpg Uji Coba Vaksin Pfizer dan BioNTech Membuahkan Hasil Positif. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

NEW YORK - Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street berakhir menguat karena investor yakin ekonomi di tengah pandemi akan segera pulih. Hal tersebut seiring data positif terhadap hasil uji coba vaksin Covid-19 tahap akhir.

Pembuat obat di AS, Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech mengatakan uji coba skala besar vaksin yang mereka uji menunjukkan lebih dari 90% efektif dalam mencegah Covid-19. Kabar baik tersebut membuat harga minyak melonjak dan menaikkan stok energi.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Menguat Berkat Saham Amazon hingga Facebook

“Ketidakpastian pemilihan mulai memudar Sekarang pasar saham mendapat dorongan terhadap antusias investor setelah berita vaksin,” kata Ahli Strategi Pasar Baird Michael Antonelli, dilansir dari Reuters, Selasa (10/11/2020).

Uji coba vaksin yang masih berlangsung tersebut pun membutuhkan persetujuan. Pfizer dan BioNTech mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ditemukan masalah keamanan yang serius selama menggunakan vaksin tersebut.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Lesu Usai Pertemuan The Fed

“Ini tidak berarti kita keluar dengan Covid. Vaksin itu mulai menghapus skenario kasus terburuk yang tak terkendali dan kembali ke penguncian nasional," kata Antonelli.

Adapun sektor-sektor seperti energi, perjalanan, dan keuangan yang termasuk di antaranya usaha paling terpukul oleh penguncian wilayah (lockdown) untuk mengekang virus, mulai mendapat persentase keuntungan terbesar.

Seperti indeks maskapai penerbangan NYSE naik 19%, pembuat pesawat Boeing Co melonjak 15%. Kemudian operator jalur pelayaran Carnival Corp naik lebih dari 32%.

Sebaliknya, sektor teknologi dan perusahaan tertentu yang telah mengungguli selama pandemi memperoleh keuntungan lebih kecil atau menurun. Netflix Inc dan Amazon Inc menurun, dan pembuat sepeda latihan Peloton Interactive Inc jatuh untuk membatasi kemajuan Nasdaq.

Dow Jones Industrial Average naik 839,61 poin, atau 2,96% menjadi 29.163,01. S&P 500 naik 44,25 poin, atau 1,26% menjadi 3.553,69 dan Nasdaq Composite turun 162,91 poin atau 1,37% menjadi 11.732,32.

Indeks energi S&P memimpin kenaikan di antara 11 sektor utama S&P dan mencatat kenaikan persentase harian terbesar dalam beberapa bulan karena permintaan investor bertaruh lagi ketika orang menjadi lebih nyaman dengan gagasan bepergian saat krisis kesehatan mereda.

Selain itu, saham bank, yang sering dilihat sebagai proxy untuk ekonomi yang lebih luas ikut melonjak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini