Gara-Gara Ini, Harga Saham BRIS Bisa Terjun Bebas ke Rp700

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 278 2298287 gara-gara-ini-harga-saham-bris-bisa-terjun-bebas-ke-rp700-64iG1M4v25.jpeg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Pergerakan saham PT BRIsyariah Tbk (BRIS) terus mengalami pergerakan pasca penandatanganan conditional merger agreement (CMA) tiga bank syariah BUMN. Dengan adanya kabar tersebut tentunya tak terlepas dari sorotan para investor dan membuat harga saham BRIS melonjak tajam.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kenaikan saham BRIS dimulai dari kabar adanya merger bank syariah BUMN pada Agustus lalu dari kisaran Rp500-Rp600 lalu meningkat pesat ke Rp800 pada bulan September, hingga saat ini di level Rp1.300.

 Baca juga: Merger 3 Bank Syariah BUMN, Mandiri Bakal Kuasai 51% Saham BRIS

Namun, karena pergerakan saham BRIS masih cukup fluktuatif saat ini, Hans menyebut bahwa ada peluang saham BRIS turun ke level Rp700-Rp800 seiring dengan keluarnya struktur baru merger bank syariah BUMN.

"Kemarin itu ada berita dia kan nampaknya udah keluar strukturnya, kemudian kita lihat katanya yang ga setuju kan tender offer ya jadi sepertinya ditawarin di Rp700 ada berita atau rumor di Rp700 dan kalau kita lihat kan sekarang harga sahamnya Rp1.400 ya jadi dia turun mungkin akan menuju level Rp700-Rp800, tapi memang semua masih spekulasi ya proses masih proses dari otoritas," ujar Hans saat dihubungi, Jumat (23/10/2020).

 Baca juga: Cuan Saham BRIS Cuma Bertahan 3 Bulan?

Terkait harga wajar saham BRIS, Hans menyebut angkanya akan diketahui ketika struktur penawaran saham terbaru selesai dilakukan. Karena ada kemungkinan BRIS akan melakukan share swap saham atau penerbitan new equity seiring dengan proses berjalannya merger bank syariah BUMN.

"Karena structure penawarannya kan harus jelas, share swap nampaknya, tapi nampaknya new equity karena kalau dia share swap doang pasti investor ritel tergerus turun," ucapnya.

 Baca juga: Punya Saham BRIS? Sebaiknya Jual Sebagian untuk Ambil Untung

"Abis dia nerbitin saham baru baru, baru kita jumlahkan dulu asetnya berapa, ekuitas dia berapa, kemudian dibagi outstanding share baru, baru kita bisa lihat kira-kira harga sahamnya berapa," sambungnya.

Tidak hanya BRIS, saham bank syariah lainnya juga ada yang mengalami dampak positif dari kenaikan BRIS, salah satunya adalah PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS).

Tidak seperti BTPS yang sahamnya ikut tergerak dampak dari BRIS, saham PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS) justru tidak mengalami pergerakan apapun.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini