Investasi di Pasar Modal meski Ada Corona, Perhatikan Hal Ini

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 278 2298274 investasi-di-pasar-modal-meski-ada-corona-perhatikan-hal-ini-ys3aoRkRQN.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Masa pandemi Covid-19 saat ini turut mempengaruhi perilaku pelaku pasar modal Indonesia. Ada yang ingin melakukan investasi jangka pendek, menengah, bahkan jangka panjang.

Praktisi Pasar Modal, Ryan Filbert mengatakan, untuk para investor yang ingin melakukan investasi jangka menengah hingga panjang, saat ini tentunya menjadi momen yang pas karena semua harga saham akan terasa lebih murah dibanding situasi normal.

 Baca juga: Pertumbuhan Kredit Bisa Pulihkan Investasi di Pasar Modal

"Jadi, tidak akan ada masalah untuk masuk at any time, kenapa? karena valuasi harga kita seperti punya mesin waktu sudah seperti tiga sampai empat tahun lalu," ujar Ryan dalam acara Market Opening IDX Channel, Jumat (23/10/2020).

Dengan melihat kondisi perekonomian saat ini, Ryan menyebut bahwa Indonesia mulai masuk ke dalam tahap recovery atau masa pemulihan, dimana daya beli konsumen sudah mulai kembali dan masyarakat sudah mulai dapat menyesuaikan dengan kondisi Covid-19.

 Baca juga: Apa Itu Value Investing? Yuk, Bongkar Rahasia Investasi ala Lo Kheng Hong

"Maka ini akan pulih secara perlahan. Sampai dengan kapan akan terjadi lonjakan? sampai dengan anti virus (Covid-19) bisa kita konsumsi," kata dia.

Selain itu, dengan adanya kontraksi pasar modal Indonesia di tengah tren positif ini, Ryan menyebut hal ini bisa dimanfaatkan untuk investor jangka menengah hingga panjang untuk menyiapkan cash flow untuk menambah sahamnya.

"Sambil kita punya cash flow ditata dengan baik dan kita sudah punya dana lagi sebenarnya yang untuk medium to long ga ada masalah, ketika market kontraksi justru dia entry, dia menambah mengakumulasi, jadi itu memang diperbolehkan selama sudut pandangnya membaca kesehatan perusahaan yang current," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini