Jelang Akhir Pekan, ke Mana Arah IHSG?

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 278 2298253 jelang-akhir-pekan-ke-mana-arah-ihsg-WC6juD0hGt.jpeg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pergerakan naik dan turun selama perdagangan di pekan ini. Praktisi Pasar Modal, Ryan Filbert menilai bahwa indeks pada akhir pekan ini cenderung berada di area support pergerakannya.

"Kalau kita pelajari sebenarnya kita cenderung berada di area support, dimana support kita yang teridentifkasi paling dekat adalah di level 5.067, nah pada hari ini kita lowestnya sudah ada di area support tersebut mencapai 5.063," ujar Ryan dalam acara Market Opening IDX Channel, Jumat (23/10/2020).

 Baca juga: Kepastian Stimulus AS Bisa Mendorong Pasar Saham Global

Ryan menambahkan, jika diperhatikan secara technical analysis harga rata-rata pergerakan selama 30 hari yang harus diperhatikan namun di kisaran sempi sampai dengan level resistance tipis di 5.140.

"Jadi, dengan kisaran sempit dan kita sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tanggal 24 september sampai 14-15 oktober ini kita berada dalam kecenderungan di daerah yang cukup tinggi," kata dia.

 Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat, Cek 6 Rekomendasi Saham Hari Ini

Namun, melihat kondisi pasar modal yang hanya buka selama dua hari pada pekan depan, dia menyebut sentimen asing akan mempengaruhi pergerakan IHSG.

"Contohnya seperti wall stret yang ada kecenderungan melemah ini ada hal yang harus kita perhatikan jadi harus ambil posisi trading ga bisa trading cukup panjang tapi shorterm trading lebih aman saat ini," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini