Tampilan Perdana Big Hit Entertainment Guncang Lantai Bursa

Sabtu 17 Oktober 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 278 2295125 tampilan-perdana-big-hit-entertainment-guncang-lantai-bursa-991cpPxa8s.jpg BTS (Foto: Twitter Big Hit Entertainment)

JAKARTA - Tidak hanya Army, Big Hit Entertainment, perusahaan hiburan Korea Selatan yang mengelola sensasi pop global BTS, pun berhasil 'menyihir' investor lantai pasar modal.

Big Hit Entertainment membukukan perdagangan saham perdana yang luar biasa, mengejutkan di Seoul, Korea Selatan, Kamis (15/10/2020) waktu setempat.

Baca Juga: Usai IPO Big Hits, Personel BTS Mendadak Jadi Miliarder Baru

Harga sahamnya melonjak hampir dua kali lipat dibanding penawaran umum perdananya (IPO) yang berhasil meraup sekitar USD841 juta, dilansir dari VOA, Sabtu (17/10/2020).

Lonjakan besar ini sebetulnya sudah diperkirakan banyak pengamat, mengingat luar biasa membeludaknya penggemar kelompok beranggotakan tujuh pria muda itu. Nilai pasar Big Hit mencapai sekitar USD7,5 miliar pada penampilan perdananya di lantai bursa.

Baca Juga: Demi Beli Saham Agensi BTS, Army Rela Pinjam Uang ke Bank

Meskipun wabah virus corona mematikan kegiatan konser keliling BTS, Big Hit terus membukukan keuntungan mengesankan karena tingginya permintaan konten online terkait BTS. Konser-konser BTS yang digelar virtual, contohnya, dilaporkan ditonton langsung oleh lebih dari 1,7 juta penggemarnya. Platform perdagangan elektroniknya, Weverse, yang banyak menjual pernak-pernik BTS juga diserbu para penggemar boy band itu.

Harga saham perusahaan itu ditawarkan sekitar USD236 per lembar pada pembukaan perdagangan, hampir dua kali lipat dari harga IPO. Harga itu sempat meningkat 30% sebelum akhirnya jatuh kembali dan ditutup pada USD225 per lembar, sehingga menempatkan nilai perusahaan itu pada angka USD7,5 miliar.

 

Perusahaan sekuritas Korea Selatan, E-Best Investment and Securities, menyebut prestasi perdana Big Hit di pasar saham ibarat ledakan dahsyat, BTS menyumbang sekitar 80% pendapatan Big Hit pada paruh pertama 2020, menurut sebuah laporan yang disampaikan perusahaan sekuritas Samsung Secutities.

Sejak diperkenalkan pada 2013, BTS telah menjadi sensasi global. Para penggemarnya di berbagai penjuru dunia menyebut diri mereka sebagai “Army”. BTS bulan lalu menempati posisi puncak Billboard Hot 100 lewat lagu barunya Dynamite yang semua liriknya berbahasa Inggris, sekaligus menempatkan diri sebagai kelompok musik pop Korea pertama yang mencatat prestasi besar itu.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini