Jika Seluruh BUMN IPO, Temasek di Singapura Bisa Lewat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 278 2289239 jika-seluruh-bumn-ipo-temasek-di-singapura-bisa-lewat-OYFyIT1O7W.jpg Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin Bicara Soal BUMN IPO. (Foto: Okezone.com/Shutterstoc)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera menggabungkan perusahaan pelat merah.Jika teralisasi maka dampaknya luar biasa besar terhadap perekonomian.

Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin menyatakan, jika aset seluruh BUMN yang jumlahnya ratusan lebih dari Rp8.000 triliun digabungkan akan bisa menyamai perusahaan holding BUMN di Singapura. Dengan pendapatan Rp2.400 triliun, nilai pasar BUMN bisa mencapai USD480 miliar.

Baca Juga: Airbnb Lanjutkan IPO meski Babak Belur Dihantam Corona

"Kalau melihat Rp2.400 triliun, saya sebagai bankir lama kita bisa asumsikan kalau semua BUMN ini di go public kan dengan rata-rata sales to price ratio dari Bursa Efek Indonesia di masa normal berkisar antara 3 atau 4 kali. Kalau salesnya Rp2.400 triliun, kalau saya bagi sekitar Rp14.500 sekitar USD165 miliar, kalau dikalikan tiga saja sales to price ratio sudah USD480 miliar in market value, di nilai perusahaan," ujar Budi dalam diskusi virtual, Selasa (6/10/2020).

Dia melanjutkan, kondisi BUMN tidak bisa dibilang sangat bagus. Namun, jika dilepas sahamnya ke publik maka pemerintah memiliki institusi sebesar Temasek.

Baca Juga: Melantai di BEI, Sunindo Adipersada Bidik Pasar Global Mainan Anak

"Jadi hal kedua yang ingin saya sampaikan dengan kondisi BUMN seperti sekarang saja, yang saya tidak bisa bilang sangat bagus, kalau secara teroritis kita IPO kan seluruh BUMN yang ada dengan menggunakan standar sales to price ratio pasar sebelum Covid-19, pemerintah akan memiliki satu insitusi sofereign wealth fund yang lebih besar dari Temasek karena tinggal dikali 3," katanya.

Dia menambahkan, jika penawaran BUMN yang IPO dengan nilai USD480 miliar setara atau mungkin lebih besar dari Temasek dan pasti lebih besar dari Khazanah

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini