Naik Signifikan, BEI Setop Perdagangan Saham FIRE

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 278 2287263 naik-signifikan-bei-setop-perdagangan-saham-fire-XzLnhZKgiB.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan perdagangan atau suspensi saham PT Alfa Energi Investama Tbk. Emiten berkode FIRE ini disuspensi pada perdagangan hari ini, Jumat (2/10/2020).

BEI mencatat telah terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada perdagangan FIRE. Dari pantauan Okezone, saham FIRE setop di level Rp312 per lembar.

 Baca juga; Suspensi Dicabut, Saham Alfa Energi Kembali Diperdagangkan

"Dalam rangka cooling down, PT BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Alfa Energi Investama Tbk. (FIRE), pada perdagangan tanggal 2 Oktober 2020," kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Lidia M. Panjaitan dalam surat keterbukaan Informasi BEI, Senin (28/9/2020).

Dia menjelaskan, penyetopan sementara itu dilakukan di pasar reguler dan tunai. Salah satu tujuannya ialah untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham FIRE.

 Baca juga: Permintaan Batu Bara Meningkat, Alfa Energi Genjot Penjualan

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," ujarnya.

Sebelumnya, mencermati perkembangan pola transaksi peningkatan harga saham di luar kebiasaan atau Unsual Market Activity (UMA), PT BEI terus memantau perkembangan saham PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE), pada perdagangan Senin 28 September 2020.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham FIRE yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," kata Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy, dalam surat keterbukaan Informasi BEI.

Sejatinya pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundangundangan di bidang Pasar Modal. "Penghentian Sementara Perdagangan terhadap saham FIRE di Pasar Reguler dan Tunai pada tanggal 3 Januari 2020 dalam rangka Cooling Down," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini