Emiten Blender dan Setrika Ini Bentuk Perusahaan Baru, Saham SCNP Langsung Naik

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 278 2286731 emiten-blender-dan-setrika-ini-bentuk-perusahaan-baru-saham-scnp-langsung-naik-3rsHN8ZiQf.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) akan mendirikan perusahaan baru. Pasalnya, perseroan akan membentuk perusahaan patungan berbentuk Perseroan terbatas yang dinamakan PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia.

Induk usaha bran blender Turbo dan setrika Oxone ini akan bersama-sama dengan Christ Baby Kusmanto (non-afiliasi Perseroan) dalam membentu perusahaan tersebut. Pembentukan perusahaan baru itu difokuskan pada kegiatan usaha utamanya bergerak pada bidang perdagangan peralatan listrik rumah tangga.

 Baca juga: Selaras Citra Nusantara Kejar Cuan di Tengah Covid-19

Dari pantauan Okezone, saham SCNP mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini. Saham SCNP naik 6 poin atau 2,6% ke Rp234.

Corporate Secretary Selaras Citra Nusantara Perkasa Tumpal Sihombing menjelaskan, pendirian perusahaan patungan yang dibentuk pada 28 September 2020 itu dilaksanakan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama Pendirian Usaha Patungan Nomor 026/SCNP/LEGAL/EX-AG/IX/2020 tanggal 28 September 2020 dan diformalisasi dengan penandatanganan Akta Pendirian dan Anggaran Dasar PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia di hadapan Ny. Ernie S.H. (Notaris) pada tanggal 28 September 2020, bertempat di kantor Perseroan yang berlokasi di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

"Perusahaan Patungan tersebut didirikan dengan modal dasar senilai Rp2 miliar yang terbagi dalam 2.000 (dua ribu) lembar saham dengan nilai nominal per lembar saham Rp1 juta," ujarnya, dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

 Baca juga: Listing, Saham Selaras Citra Nusantara Meroket hingga 34,5%

Menurutnya, perseroan menempatkan dan menyetor 1.999 lembar saham yang merupakan bagian 99,95% dari seluruh saham Perusahaan Patungan atau senilai Rp1,99 miliar dan Christ Baby Kusmanto menempatkan dan menyetor 1 lembar saham yang merupakan bagian 0,05% dari seluruh saham Perusahaan Patungan atau senilai Rp1 juta.

Tumpal mengatakan, tujuan utama pendirian perusahaan patungan ini adalah membentuk anak usaha Perseroan yang bergerak dalam bidang perdagangan, termasuk kegiatan ekspor dan impor, atas peralatan listrik rumah tangga, sehingga perseroan, sebelum perseroan memutuskan untuk memproduksi setiap produk jadi, memiliki opsi untuk dapat mengimpor produk jadi, menjualnya secara langsung kepada pihak ketiga, kemudian menilai tanggapan dan tingkat penerimaan pasar terhadap produk jadi tersebut (hal ini tidak dapat dilakukan oleh perusahaan manufaktur, kecuali apabila perusahaan manufaktur telah memiliki izin khusus terlebih dahulu dari instansi terkait).

Dengan adanya pembentukan perusahaan patungan ini, maka perusahaan akan memiliki 2 entitas anak, yang terdiri atas PT Selaras Donlim Indonesia (bergerak dalam bidang industri komponen plastik dan peralatan listrik rumah tangga) dan PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia (bergerak dalam bidang perdagangan peralatan listrik rumah tangga).

"Perseroan akan menjadi pemegang saham pengendali utama pada Perusahaan Patungan, oleh karena kepemilikan Perseroan atas 99,95% saham Perusahaan Patungan," ujar Tumpal.

Dia mengatakan, perusahaan patungan ini, akan memberikan nilai tambah bagi perseroan karena menambah lini produk yang dijual oleh melalui mekanisme impor barang jadi dan dengan memanfaatkan jalur distribusi yang telah terjalin dengan baik oleh perseroan.

"Hal ini, dapat memberikan keselarasan dalam pengembangan usaha Perseroan di masa mendatang," tutup Tumpal. (rzy)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini