Tim Cook Dapat Hadiah 1 Juta Saham Apple, Nilainya Rp1,69 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 278 2286014 tim-cook-dapat-hadiah-1-juta-saham-apple-nilainya-rp1-69-triliun-S82rB9oGe6.jpg Tim Cook (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Apple Inc. akan memberikan penghargaan ekuitas baru kepada Chief Executive Officer (CEO) Tim Cook. Penghargaan ini dengan memberikan saham sebanyak 1 juta saham pada tahun 2025.

Kompensasi tersebut, yang saat ini bernilai USD76 juta hingga USD114 juta atau sekitar Rp1,13 triliun hingga Rp1,69 triliun (mengacu kurs Rp14.800 per USD) bergantung pada kinerja saham Apple. Hal ini dilakukan untuk memberi Cook alasan baru untuk tetap menjalankan perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut.

Baca Juga: CEO Apple Tim Cook Resmi Jadi Miliarder Dunia, Susul Jeff Bezos

Menurut pengajuan peraturan pada Selasa (waktu Amerika Serikat), ekuitas akan diberikan ke dalam dua paket. Paket pertama terdiri dari 333.987 unit saham terbatas yang diberikan di sepertiganya pada tanggal 1 April 2023, 2024 dan 2025.

Sementara yang lainnya, memiliki 333.987 unit yang akan diberikan pada 1 Oktober 2023. Lalu yang harus diingat semua juga tergantung dan didasarkan pada kinerja saham relatif Apple selama tiga tahun.

Cook mungkin tidak mendapatkan penghargaan ini atau 200%, tergantung pada pengembalian saham. Jika semuanya berjalan lancar, Cook akan mendapatkan sekitar 1 juta saham secara total.

“Untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, kami memberi Tim hibah saham baru yang akan diberikan seiring waktu sebagai pengakuan atas kepemimpinannya yang luar biasa dan dengan optimisme yang besar untuk masa depan Apple saat dia meneruskan upaya ini,” kata dewan direksi Apple melansir Bloomberg, Rabu (30/9/2020).

Nilai saham Apple telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir karena Cook membantu perusahaan itu meluncurkan iPhone, Jam Tangan, AirPods, dan layanan digital baru. Hal ini cukup berhasil untuk menangkal dampak perang perdagangan AS-China dan pandemi global.

Rupiah Menguat 40 Poin dari Dolar AS di Tengah Ancaman Korona

Paket baru ini menandai penghargaan ekuitas pertama yang diberikan kepada Cook sejak ia diangkat menjadi CEO pada tahun 2011. Meskipun Cook, tidak memberikan indikasi bahwa dia berencana untuk mundur, tetapi perencanaan suksesi telah menjadi poin utama diskusi di dewan direksi dan tim eksekutif Apple baru-baru ini.

"Tim telah membawa inovasi dan fokus yang tak tertandingi ke dalam perannya sebagai CEO dan menunjukkan apa artinya memimpin dengan nilai dan integritas," jelasnya.

Beberapa minggu yang lalu, Cook ditanya berapa lama dia akan menjalankan perusahaan raksasa teknologi Cupertino, California. Namun Cook hanya menjawabnya dengan singkat

"Kita lihat nanti. Pada titik tertentu, tentu saja, kita semua melakukan sesuatu yang berbeda,” ucapnya.

Chief Operating Officer Apple Jeff Williams, Chief Financial Officer Luca Maestri dan General Counsel Kate Adams juga diberikan penghargaan ekuitas baru pada jadwal dan ketentuan waktu yang sama dengan Cook. Namun. para eksekutif lain itu mendapat hadiah dengan nilai yang lebih kecil.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini