Panggilan untuk Pemegang Saham, XL Axiata Bakal Lakukan RUPS LB

Fakhri Rezy, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 278 2280009 panggilan-untuk-pemegang-saham-xl-axiata-bakal-lakukan-rups-lb-9IfOfybJ93.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB). RUPS tersebut akan dilakukan secara virtual.

Mengutip keterbukaan informasi, Jakarta, Minggu (20/9/2020), direksi memberitahukan kepada pemegang saham perseroaan bahwa perseroan akan menyelenggarakan RUPS LB pada Selasa 27 Oktober 2020. Di mana, penyelenggaraan rapat dilaksanakan secara elektronik atau tanpa adanya kehadiran fisik para pemegang saham.

 Baca juga: Siapa Bilang Industri Telekomunikasi Untung Selama Covid-19, Simak Faktanya!

Sistem penyelenggaraan via elektronik dengan mempertimbangkan Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Covid-19 di Jakarta. RUPS LB tersebut juga berdasarkan ketentuan pasal 9 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 16/POJK.04/2020 tentang pelaksanaan RUPS Perusahaan Terbuka Secara Elektronik.

Perseroan mengimbau pemegang saham untuk memberikan kuasa melalui fasilitas Electonic General Meeting System KSEI yang akan disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. Serta, memberikan kuasa kepada PT Bima Registra selaku biro administrasi efek yang ditunjuk perseroan sebagai alternatif mekanisme pemberian kuasa secara elektronik dalam proses penyelenggaraan rapat.

 Baca juga: Bos CCO XL Axiata Mengundurkan Diri

Pemegang saham yang berhak berpartisipasi atau diwakili dalam rapat adalah pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada 2 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB. Serta, pemilik saham perseroan pada sub-rekening efek PT KSEI pada penutupan perdagangan di BEI pada 2 Oktober 2020.

Selain itu, berdasarkan pasal 16 POJK No. 15/POJK.04/2020 dan Pasal 10 ayat 5 Anggaran Dasar Perseroan, pemegang saham dapat mengusulkan mata acara rapat apabila usulan tersebut memenuhi syarat sebagai berikut:

 Baca juga: Tak Lagi Strategis, XL Axiata Bakal Jual 4.500 Menara

1. Diajukan secara tertulis kepada direksi oleh seorang atau lebih pemegang saham yang mewakili paling sedikit 1 per 20 bagian dari jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan Perseroan dengan hak suara yang sah.

2. Diterima oleh direksi paling lambat 7 hari sebelum tanggal pemanggilan rapat.

3. Harus:

a. Diusulkan dengan itikad baik,

b. Mempertimbangkan kepentingan perseroan

c. Merupakan usulan yang membutuhkan persetujuan rapat,

d. Menyertakan alasan dan bahan usulan mata acara rapat,

e. Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(rzy)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini