Airbnb Lanjutkan IPO meski Babak Belur Dihantam Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 278 2260862 airbnb-lanjutkan-ipo-meski-babak-belur-dihantam-corona-l8FF6BWrHK.jpg Rencana IPO Airbnb. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Airbnb dikabarkan hampir merealisasikan rencana untuk bisa go public atau Initial Public Offering (IPO). Hal ini cukup mengejutkan mengingat baru-baru ini perusahaan melakukan pemangkasan seperempat dari tenaga kerjanya akibat pandemi.

Mengutip dari CNN, Rabu (12/8/2020), The Wall Street Journal melaporkan, Airbnb berencana mengajukan dokumen IPO dengan Securities and Exchange Commission akhir bulan ini. Perusahaan ini pun dapat terdaftar secara publik pada akhir tahun.

Baca Juga: Melantai di BEI, Sunindo Adipersada Bidik Pasar Global Mainan Anak

Menurut beberapa laporan sebelumnya, pengajuan IPO bukanlah kejutan, karena perusahaan menargetkan debut publik pada 2020. Namun hadirnya virus corona secara global merubah rencana tersebut.

Bahkan Morgan Stanley (MS) dan Goldman Sachs (GS) belum yakin bahwa Airbnb akan mengikuti jadwal IPO dengan kondisi pasar yang saat tidak stabil. Meskipun secara keseluruhan penawaran tersebut sangat didukung.

Baca Juga: Melantai di Bursa Saham dengan e-IPO, Berikut Penjelasan BEI

CEO Brian Chesky mengatakan, para turis asing lebih memilih untuk tetap melancong ke wilayah domestik yang dapat dilalui dalam jarak 200 mil dari rumah mereka. Hal tersebut membuat kinerja Airbnb terganggu. Apalagi ada pembatasan perjalanan internasional yang membuat orang-orang enggan pergi liburan.

"Ini tidak salah, tapi kami jelas tidak berkomitmen untuk apa pun sekarang. Kami akan tetap membuka opsi kami,” kata Chesky.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini