Yakinkan Nasabah, Dirut Bukopin Sebut Aset Kookmin Rp4.000 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 278 2240178 yakinkan-nasabah-dirut-bukopin-sebut-aset-kookmin-rp4-000-triliun-sSnx7tS2U1.jpg Bank (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) memastikan nasabahnya bahwa kondisi bisnisnya akan sangat solid, setelah akan masuknya KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali melalui aksi korporasi Penawaran Umum Terbatas kelima (PUT V).

Menurut Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono, KB Kookmin Bank sendiri merupakan bank asal Korea Selatan yang memiliki aset sangat besar, yakni lebih dari Rp4.000 triliun. Di mana mereka menyatakan berkomitmen untuk membesarkan Bukopin.

"Saat ini aset Kookmin Rp4.000 triliun. Jadi seluruh bank di Indonesia kalau di jumlah juga masih lebih besar Kookmin," ujar dia di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (2/7/ 2020).

Baca Juga: Bukopin Akui Batasi Penarikan Dana Nasabah, Ini Alasannya 

Dia menjelaskan, sejak direstuinya PUT V oleh OJK pada akhir Juni 2020, jajaran petinggi Kookmin Bank langsung mendatangi para nasabah Bukopin untuk meyakinkan komitmen mereka, dengan menguasai 37,6% saham Bukopin.

"Maka itu, nisa di lihat ini perusahaan yang tak main-main, bank terbesar dengan berbagai karakteristiknya termasuk teknologinya. Hal ini akan bagus buat Bukopin yang saat ini menjadi bagian dari 15 bank besar," ungkap dia.

Dia menambahkan dengan aksi korporasi tersebut, maka Bukopin akan memperoleh peningkatan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) hingga menyentuh 17% atau mampu menjauh dari ambang batas yang ditetapkan OJK.

Baca Juga: OJK Restui Right Issue Bukopin, Kookmin Jadi Pembeli Siaga 

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat suara soal efektif pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas kelima (PUT V) PT Bank Bukopin Tbk melalui penerbitan saham baru dengan memberikan penawaran Hak Memesan Efek Terbatas Terlebih Dahulu (HMETD) kepada pemegang saham yang penggunaan dana seluruhnya digunakan untuk modal kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan kredit.

Hal ini sesuai dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Bukopin Tbk pada 24 Oktober 2019.

Dalam Prospektus PUT V Bank Bukopin dinyatakan bahwa kedua pemegang saham utama, yaitu PT Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank Co Ltd. (Kookmin) menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan seluruh haknya dalam PUT V.

Bank Bukopin

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini