Jadi Beban, Telkom Bakal Merger Anak Usaha yang Rugi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 278 2233060 jadi-beban-telkom-bakal-merger-anak-usaha-yang-rugi-9mlk6LywVT.jpg Perjanjian (Discovermagazine)

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bakal melakukan marger pada beberapa anak usahannya. Khususnya pada anak-anak usaha yang mengalami kerugian dan hanya menjadi beban perseroan.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, perseroan memang akan melakukan marger dan restrukturisasi pada beberapa anak usahannya. Ada beberapa pertimbangan anak usaha mana saja yang akan dimarger oleh perusahaan.

 Baca juga: Jelang RUPS, Saham Telkom Turun 10 Poin

"Terkait restrukturisasi berdasarkan berbagai hal. Tidak hanya laporan keuangan tapi juga berbagai hal, kemiripan protofolio sehingga kita marge," ujarnya dalam RUPS tahun anggaran 2019, di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Pertama adalah memiliki kemiripan dalam protofolio atau core bisnis. Selain itu adalah agar kinerja lebih fokus dan efisien.

 Baca juga: Diisukan Jadi Bos Telkom, Fajrin Rasyid Masih Aktif Jadi Presiden Bukalapak

"Sehingga anak usaha lebih sedikit dan lebih fokus. Selain juga lebih efisien," jelas Ririek.

Secara keseluruhan lanjut Ririek, anak usaha Telkom banyak yang memiliki kinerja positif. Bahkan, beberapa anak usaha memiliki kontribus cukup besar pada kinerja perusahaan pada tahun ini.

Asal tahu saja, sepanjang 2019, Telkom mencatatkan laba bersih sebesar Rp18,7 triliun atau meningkat 3,5% dibandingkan tahun 2018. Sementara dari sisi pendapatan, perseroan membukukan angka Rp135,6 triliun naik 3,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami tidak mencatatkan kerugian sepanjang 2019 lalu. Laba bersih yang dihasilkan Telkom mencapai Rp18,7 triliun," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini