Emiten Ingin Tarik Investor Asing? Modalnya Cuma Pakai Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 278 2230445 emiten-ingin-tarik-investor-asing-modalnya-cuma-pakai-ini-Nfx0Tpmbrl.jpg Upaya Menarik Investasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) mencatat beberapa manfaat dari tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG). GCG pada perusahaan terbuka atau emiten dinilai sangat penting.

Seperti diketahui, GCG adalah struktur dan mekanisme yang mengatur pengelolaan perusahaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan.

Baca Juga: Mantul, 10 Emiten Indonesia Masuk Daftar Asean Asset Class

Manfaat dari GCG yakni meningkatkan kualitas kerja dan menimbulkan rasa memliki bagi karyawan, neraca keuangan perusahaan akan lebih baik, menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya.

Kemudian, mencegah munculnya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan meningkatknya nilai perusahaan.

GCG & GRC Specialist Hendy Fakhruddin menyebut GCG ini merupakan pijakan prestasi bagi perusahaan. Menurutnya saat ini sudah mulai banyak perusahaan menggunakan GCG tersebut.

Baca Juga: Laba PP London Sumatra Naik 109,8%

"GCG ini sangat penting sangat penting bagi perusahaan emiten untuk bisa menarik investor asing atau dalam negeri," ujar dia di IDX Channel, Senin (15/6/2020).

Sementara itu, data dari Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) ada beberapa prinsip GCG yang diterapkan di perusahaan. Seperti transparan, kemandirian, pertanggungjawaban, akuntabilitas serta kesetaraan dan kewajaran.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini