Ketegangan AS-China Menguatkan Dolar AS terhadap Euro

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 278 2218374 ketegangan-as-china-menguatkan-dolar-as-terhadap-euro-t3bM9coySX.jpg Dolar AS Menguat di Tengah Ketegangan AS-China. (Foto: Okezone.com/Reuters)

NEW YORK - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) naik terhadap sekeranjang mata uang pada perdaganga Jumat. Permintaan safe haven meningkat setelah China memberlakukan undang-undang keamanan baru di Hong Kong dan memburuknya hubungan AS-China.

Chinamengumumkan rincian rencananya untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong yang dapat membuat badan intelijen mendirikan pangkalan di pusat keuangan global karena meningkatkan prospek kerusuhan setelah protes pro-demokrasi tahun lalu.

Baca Juga: Indeks Dolar AS Menguat Terdorong Data Ekonomi

Selera investor untuk aset berisiko pun menurun dan melemahkan euro dan yuan karena dolar menguat. Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,4%.

Euro tergelincir 0,5% terhadap greenback. Sementara Yuan China menyentuh mencapai level terendah dalam dua bulan di 7,1645.

Baca Juga: Euro Perkasa Berhasil Tekan Dolar AS

Hubungan China-Amerika telah memburuk selama pandemi corona. Amerika Serikat telah meningkatkan kritiknya terhadap China dengan menyalahkannya atas penyebaran virus, yang berasal dari Wuhan.

Sterling tergelincir 0,4% terhadap dolar karena data baru menunjukkan penjualan ritel Inggris turun 18% karena krisis corona menghantam ekonomi. Dolar Kanada melemah sekitar 0,2% terhadap mitra AS karena harga minyak turun dan data menunjukkan rekor penurunan penjualan ritel.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini