Saham Jeblok, Nilai Kapitalisasi Pasar Apple Turun hingga Rp466,1 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 278 2170749 saham-jeblok-nilai-kapitalisasi-pasar-apple-turun-hingga-rp466-1-triliun-lvtKUJzdrc.jpg Salah Satu Toko Apple. (Foto: Okezone.com/Apple)

JAKARTA - Nilai pasar untuk saham Apple Inc menurun hingga USD34 miliar atau setara Rp466,1 triliun (kurs Rp13.709 per USD). Di mana dalam perdagangan Selasa, saham pembuat iPhone itu anjlok hingga 2,6%.

Hal itu pun menjadi peringatan untuk perusahaan Amerika Serikat (AS) lainnya. Di mana virus corona memberi dampak besar pada kinerja perusahaan.

Baca Juga: Kinerja Apple Kian Tertekan karena Virus Korona

Apple menjadi contoh, di mana penjualannya turun akibat tutupnya seluruh toko setelah virus corona menyebar di China. Perusahaan teknologi paling berharga di dunia ini juga mendapat masalah pasokan dalam produksi iPhone.

Apple memprediksi meski pabrik utama yang berlokasi di luar Hubei atau pusat wabah virus coro dibuka kembali. Tetap akan sulit mengembalikan produktivitas ke kondisi normal.

Baca Juga: Anjlok 2%, Saham Apple Pengaruhi Bursa Dunia

"Pekerjaan sudah mulai kembali, tetapi kami (Apple) mengalami pengembalian yang lebih lambat ke kondisi normal daripada yang kami perkirakan," kata Apple dilansir dari CNN, Rabu (19/2/2020).

Namun demikian, Analis JPMorgan Samik Chatterjee mengatakan kepada klien bahwa prospek jangka panjang Apple tetap tidak berubah di tengah virus corona. Artinya debut iPhone 5G-enabled pada akhir tahun ini masih siap untuk meningkatkan permintaan. (fbn)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini