Gandeng Rumah Zakat, MNC Sekuritas Kembangkan Produk Wakaf Saham

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 278 2155935 gandeng-rumah-zakat-mnc-sekuritas-kembangkan-produk-wakaf-saham-7ParKyavEx.jpg MoU Dirut MNC Sekuritas Susy Meilina dan CEO Rumah Zakat Nur Efendi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT MNC Sekuritas bekerjasama dengan Rumah Zakat Indonesia dalam mengembangkan wakaf saham di pasar modal Indonesia. Nantinya, pelaku pasar modal dapat mewakafkan sahamnya, khususnya yang berjenis syariah.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina dan CEO Rumah Zakat Indonesia Nur Efendi saat pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Dengan Rumah Zakat Indonesia, kami meluncurkan produk wakaf saham. Selama ini mungkin yang lebih dikenal zakat, tapi kami dengan pasar modal mulai dari tahun lalu kembangkan produk wakaf. Jadi banyak yang tidak tahu bahwa ternyata saham itu bisa diwakafkan juga," ujar Susy di Gedung BEI, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: Nasabah Institusi MNC Sekuritas Lakukan Kunjungan ke PT Ginting Jaya Energi

Menurutnya, potensi untuk wakaf saham sangat besar di Indonesia, seiring dengan perkembangan pasar modal syariah yang semakin positif. Tercermin dari peningkatan jumlah investor saham syariah sebesar 54% dari sebelumnya 44.536 investor di akhir 2019, atau setara 6,2% dari total investor ritel di BEI.

Potensi yang terbuka lebar dari ceruk syariah inilah yang terus digarap secara konsisten oleh MNC Sekuritas. Saat ini perusahaan juga telah memiliki sistem online trading saham berbasis syariah bernama MNC Trade Syariah sejak 2017, serta program wakaf saham digital pertama di Indonesia bernama MNC Wakafku sejak 2019.

Baca Juga: MNC Sekuritas Resmikan Kantor Cabang di Gading Serpong

“MNC Sekuritas berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi di berbagai wilayah Indonesia. Melalui 134 point of sales, kami optimis peningkatan investor syariah, termasuk wakaf yang berwakaf melalui MNC Wakafku, akan semakin signifikan pada tahun ini. Dengan sistem yang canggih dan praktis, berwakaf saham dan uang yang ada di Rekening Dana Nasabah (RDN) dapat lebih mudah dan fleksibel," jelasnya.

CEO Rumah Zakat Indonesia Nur Efendi menjelaskan, wakaf saham merupakan kategori wakaf produktif melalui aset bergerak. Jadi investor pasar modal dapat mewakafkan saham syariah melalui Rumah Zakat Indonesia, di mana manfaat yang diambil berasal dari dividen. Dalam hal ini MNC Sekuritas berperan sebagai pengelola saham tersebut.

"Jadi nilai saham pokoknya tetap, yang kemudian diambil manfaatnya adalah dividen-nya, ini untuk kerbermanfaatan yang lebih berkelanjutan atau jangka panjang," katanya dalam kesempatan yang sama.

Dia menyatakan, kerjasama dengan MNC Sekuritas juga dilakukan untuk optimalisasi wakaf saham dengan investor di pasar modal Indonesia. Optimalisasi ini akan dilakukan melalui kegiatan edukasi, literasi, dan sosialisasi wakaf saham kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

"Tahun ini targetnya literasi di 28 kota, tahun lalu 10 kota. Kami akan edukasi bahwa filantropi itu tidak hanya zakat, ada wakaf juga, yang manfaatnya lebih besar dan lebih berkelanjutan dan berjangka panjang," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini