Indeks Dolar Melemah Usai The Fed Tahan Suku Bunga

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 278 2140933 indeks-dolar-melemah-usai-the-fed-tahan-suku-bunga-AooDk6mEKy.jpeg Dolar AS (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA – Indeks dolar AS jatuh ke level terendah selama empat bulan terhadap sekeranjang mata uang setelah Federal Reserve mempertahankan suku bunga. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan kenaikan inflasi yang signifikan dan persisten diperlukan untuk menaikkan suku bunga.

The Fed menahan suku bunga acuan dalam kisaran target 1,50% hingga 1,75%, dan komite penetapan suku bunga bank sentral AS mengatakan setelah pertemuan kebijakan dua hari bahwa mereka mengharapkan pertumbuhan ekonomi moderat dan pengangguran rendah melalui pemilihan presiden tahun depan.

Baca juga: Dolar AS Kembali Bersinar Setelah 5 Hari Keok

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya turun 0,33% pada 97,095, terendah sejak 9 Agustus.

Presiden AS Donald Trump telah menetapkan 15 Desember sebagai tanggal untuk mengenakan tarif hampir USD160 miliar pada barang-barang konsumen Tiongkok. Washington sedang meletakkan dasar untuk menunda tarif, seseorang menjelaskan situasi itu kepada Reuters, meskipun tidak ada kejelasan tentang keputusan apa yang akan diambil.

dolar

Euro menguat 0,4% menjelang pertemuan kebijakan pertama bos ECB Christine Lagarde. Investor akan mencermati setiap katanya.

Di tempat lain, mahkota Swedia melonjak ke tertinggi lebih dari empat bulan terhadap dolar setelah data inflasi yang kuat membuatnya sangat mungkin negara itu akan mengakhiri suku bunga negatif. Dolar 1,16% lebih rendah terhadap mahkota Swedia, dilansir dari Reuters, Kamis (12/12/2019).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini