Perluas Ekspor, Sido Muncul Bidik Negara ASEAN hingga Nigeria

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 278 2094915 perluas-ekspor-sido-muncul-bidik-negara-asean-hingga-nigeria-vv8rJZ2lsU.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) tengah mengincar pasar negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Ada beberapa negara tetangga seperti Filipina hingga Malaysia yang akan dijadikan pasar ekspor baru.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, kawasan Asia Tenggara memang memiliki potensi ekspor yang cukup besar. Kedua negara akan menjadi prioritas ekspor dari produk-produk yang dimiliki perseroan.

 Baca Juga: Ekspor ke Filipina dan Nigeria, Sido Muncul Incar Pendapatan Tumbuh 10%

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah memasukan Myanmar, Vietnam dan Kamboja sebagai target ekspor selanjutnya. Karena menurutnya, ketiga negara tersebut memiliki potensi yang juga besar seperti Malaysia dan Filipina.

“Kita fokus di ASEAN khususnya Filipina dan Malaysia ditambah Nigeria,” ujarnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Sebagai gambaran, secara total Sido Muncul sudah melakukan ekspor ke-16 negara di dunia. Bahkan kontribusi ekspor dari penjualan secara keseluruhan pada tahun ini juga meningkat sekitar 2% menjadi 6%.

 Baca Juga: Sido Muncul Pangkas Modal Anak Usaha Rp250 Miliar

Sebagai informasi, selama semester I-2019, Perseroan mengalami kenaikan penjualan sebesar Rp1,41 triliun. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 11% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,27 triliun.

Dari penjualan tersebut, segemen herbal dan supplement makanan berkontribusi besar terhadap penjualan secara keseluruhan. Adapun pertumbuhannya mencapai 11% dari segmen herbal dan suplemen makanan.

Kemudian segmen healthy food and bevareges (FnB) mengalami pertumbuhan sebesar 8%. Sedangkan segmen farmasi juga tumbuh cukup tinggi dengan angka 22%.

 Sido Muncul

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini