Akuisisi Phapros, Kimia Farma Anggarkan Capex Rp4 Triliun

Senin 04 Maret 2019 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 278 2025521 akuisisi-phapros-kimia-farma-anggarkan-capex-rp4-triliun-qVqbLOY2fl.jpg Foto: Harian Neraca

JAKARTA - Tahun ini, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) mengalokasikan belanja modal sebesar Rp2,5 triliun untuk ekspansi organik mengakuisisi PT Phapros Tbk dari total belanja modal yang dianggarkan Rp4 triliun.

"Secara total belanja modal sebesar Rp4 triliun tahun ini. Untuk anorganik, Rp2,5 triliun karena kami ada banyak akuisisi seperti rumah sakit, farmasi. Tahun lalu, untuk anorganik Rp1,7 triliun,” kata Direktur Keuangan Kimia Farma IG Ngurah Suharta Wijaya, dikutip dari Harian Neraca, di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Baca Juga: Kimia Farma Bakal Caplok Phapros

Disampaikannya, saat ini perseroan sedang menyelesaikan proses akuisisi 56,77% saham Phapros yang dimiliki PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Penandatanganan jual beli bersyarat itu dilakukan pada 13 Februari 2019.Meski tidak menyebutkan nilai akuisisi tersebut, dia menerangkan pendanaan akuisisi berasal dari kas internal dan pinjaman bank dengan komposisi masing-masing 30% dan 70%.

Baca Juga: Kimia Farma Bukukan Pendapatan Rp5,3 Triliun hingga Kuartal III-2018

Selain itu, KAEF juga berencana mengakuisisi rumah sakit sebagai bagian dari rencana ekspansi anorganik tahun ini. Perseroan mengincar rumah sakit BUMN maupun swasta yang memberikan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Lebih lanjut, KAEF berharap dapat menyelesaikan langkah akuisisi pada Maret 2019. Dengan akuisisi tersebut, pangsa pasar segmen farmasi KAEF yang semula 2,3% dapat meningkat menjadi 4%.

”Akuisisi ini dapat memberikan kontribusi bisnis. Produk-produknya dapat complementary dengan kami. Ada lebih dari 60% itu produk baru. Ini dapat menjadi suplemen secara konsolidasi,”ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini