OJK: Masih Banyak Investor Berminat Akuisisi Bank Muamalat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 15 278 1860123 ojk-masih-banyak-investor-berminat-akuisisi-bank-muamalat-lwPfIiNuiI.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) dikabarkan gagal untuk mengakuisi saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Karena hal inilah banyak investor yang menyatakan minat untuk membeli saham bank syariah pertama di Indonesia ini salah satunya Ustadz Yusuf Mansyur.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, dengan banyaknya minat untuk akuisisi Bank Muamalat ini, artinya kinerja bank tersebut masih bagus.

"Jangan khawatir. Bank ini bagus, DPK bagus, murah, yang mau beli banyak. Di koran banyak (bilang mau beli). Banyak yang mau ngelamar, tapi ngomongnya di koran," ungkapnya di Gedung OJK, Kamis (15/2/2018).

 Baca juga: Minna Padi Bakal Rombak Direksi dan Komisaris Sebelum Akuisisi Bank Muamalat

Menurutnya, meski ada sedikit permasalahan seperti kredit bermasalah yang pernah mencatat angka tertinggi sebesar 7,11% pada akhir 2015. Tapi Bank syariah yang beroperasi sejak 1992 ini dinilai masih memiliki rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang baik.

"Ada lah radang-radang tapi masih bagus, bukan masalah likuditas. Kalau NPL di atas threshold diminta setor modal," jelasnya.

 Baca juga: Minna Padi Belum Dapat Izin Akuisisi Muamalat, OJK: Syarat Right Issue Tak Lengkap

Sementara itu, Wimboh mengatakan akan melakukan pertemuan dengan pemegang saham Bank Muamalat namun untuk waktunya belum bisa dipastikan.

"Pasti (bertemu). Tunggu waktunya," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini