Kurang Tenaga, Bursa Asia Dibuka Melemah

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 278 1821732 kurang-tenaga-bursa-asia-dibuka-melemah-O6XTdBLP2O.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Bursa saham di Asia melemah di awal perdagangan. Mayoritas indeks acuan tergelincir setelah Wall Street gagal mencetak keuntungan pada penutupan pergadangan.

Seperti dilansir CNBC, Selasa (28/11/2017), indeks acuan Jepang, Nikkei 225 turun 0,52% pada perdagangan hari ini karena mata uang Yen menguat. Saham perusahaan produsen mobil dibuka melemah di awal sesi, namun Toyota dan Honda menguat, 0,44% dan 0,68%.

Sementara itu, indeks acuan Korea, Kospi turun 0,04% karena saham-saham blue chip memperpanjang penurunan sejak perdagangan sebelumnya. Saham Samsung Electronics turun 0,84% setelah ditutup melemah lebih dari 5% pada penutupan perdagangan menyusul laporan Morgan Stanley yang menurunkan rating sahamnya.

Baca juga: Saham Amazon Gagal Bawa Wall Street Menguat

Indeks acuan Australia ASX200 berhasil naik tipis 0,14% di awal sesi. Meski demikian beberapa saham masih mencatat penurunan seperti Rio Tinto dan BHP yang masing-masing turun 0,1% dan 1,9%.

Pasar Hong Kong menjadi fokus setelah laporan South China Morning Post bahwa Beijing akan membatasi modal ke selatan di Stock Connect. Reksa dana China berniat mengalokasikan kurang dari separuh dana ke pasar saham Hong Kong telah disetujui.

Pembuat mobil China Anhui Jianghuai Automobile menandatangani nota kesepahaman dengan Volkswagen untuk mengembangkan model joint venture di China. Perusahaan-perusahaan tersebut sebelumnya telah membentuk perusahaan patungan yang berfokus pada pengembangan kendaraan listrik.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini