Waduh, Taxi Express Berencana Lakukan PHK dan Jual Aset

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 04 278 1788725 waduh-taxi-express-berencana-lakukan-phk-dan-jual-aset-cKsPqrmUdW.jpg Ilustrasi Taksi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) berencana untuk melakukan Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK). Selain itu, pemilik taksi ekspress ini juga akan menjual beberapa aset yang dimiliki oleh perseroan.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan Express di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (6/10/2017), perseroan berencana untuk melakukan penjualan beberapa aset seperti tanah kosong dan ruko serta beberapa armada taksi dan bus. Untuk aset tanah, saat ini masih dalam proses penjualan.

Sementara dari penjualan armada taksi sebanyak 136 unit dan bus 1 unit, perseroan memperikirakan akan mendapatkan dana sekira Rp2,5 miliar. Sementara sisanya, sebesar Rp3,5 miilar, akan direalisasikan di periode berikutnya.

Selain itu, Express juga tengah mengkaji dan memetakan kebutuhan karyawan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan adanya PHK. Tercatat, hingga Juni 2017, perseroan telah melakukan PHK kepada kurang lebih 250 karyawan, yang dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kinerja dan efisiensi biaya.

Baca Juga: Gara-Gara Aturan Taksi Online Dibatalkan, Pefindo Turunkan Rating Express

Meski demikian, Express tidak akan menghentikan pembelian 439 unit kendaraan dan 7 unit bus yang ditargetkan beroperasi di 2017. Hingga Juni 2017, Express tercatat memeiliki armada mencapai 9.600 unit, dengan utilisasi armada kurang lebih 45%.

Di sisi lain, perseroan masih berusaha menagih piutang kepada PT Mahkota Imperia dengan total mencapai Rp55 miliar, yang jatuh tempo pada 8 September 2017. Pasalnya, Mahkota Imperia baru melakukan pembayaran sebesar Rp113 miliar.

Karenanya, perseroan akan mendalami berbagai potensi bisnis, di antaranya kesempatan dalam jasa tranportasi barang serta meningkatkan armada yang terkoneksi dengan aplikasi online.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini