Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Menarik Investor

Agregasi Kamis 04 Agustus 2016 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 04 278 1454957 reksa-dana-pendapatan-tetap-masih-menarik-investor-UgeYVtluuG.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Direktur PT RHB Asset Management Indonesia, Rima Suhaimi mengatakan, investasi reksa dana pendapatan tetap (fixed income) terutama bagi investor institusi masih menarik di tengah bunga deposito yang terus mengalami penurunan.

”Reksa dana pendapatan tetap sejauh ini masih memberikan tingkat pengembalian menarik melalui pengelolaan efek bersifat utang yang telah mendapat peringkat dari perusahaan pemeringkat efek.” ujarnya di Jakarta.

Mempertimbangkan prospek tersebut, hal inilah yang melatarbelakangi PT RHB Asset Management Indonesia meluncurkan Reksa Dana RHB Fixed Income Fund 2. Produk reksa dana pendapatan tetap tersebut memiliki komposisi portofolio investasi minimum 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada efek bersifat utang yang diterbitkan pemerintah RI dan/atau BUMN dengan kategori layak investasi.

Reksa dana ini juga dinilai tepat diperuntukan bagi investor institusi, bukan bank seperti dana pensiun yang diwajibkan untuk berinvestasi di surat berharga negara dan obligasi BUMN sesuai amanat peraturan OJK No. 1 tahun 2016.

Reksa dana RHB Fixed Income Fund 2, kata Rima, merupakan pilihan ideal bagi investor perorangan yang ingin menikmati manfaat pertumbuhan pasar obligasi negara dengan nominal investasi yang sangat terjangkau minimal hanya Rp100.000.

Dijelaskan juga total reksa dana yang ditawarkan sebanyak 1 miliar unit dengan harga Rp1006,71 per unit. Sebagai informasi, sejak diluncurkan 20 Juli 2016 lalu, reksa dana Fixed Income Fund 2 telah menghimpun dana kelolaan sebesar Rp118 miliar dan pada akhir bulan (per 31 Juli 2016) telah mencapai Rp138 miliar dari targetnya sebesar Rp300 miliar.

Rima mengatakan, untuk memenuhi target penjualan pihaknya menempuh strategi penjualan reksa dana melalui tenaga pemasaran internal, kerja sama dengan agen penjual reksa dana (APERD), serta melalui layanan online.

”Fixed Income Fund 2 merupakan reksa dana dengan investasi jangka panjang dengan hasil investasi dan keuntungan yang potensial diharapkan dapat membantu meningkatkan stabilitas industri reksa dana dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Rima.

Lebih jauh Managing Director RHB Group, Dato Khairussaleh menuturkan, pertumbuhan ekonomi kawasan yang cepat, dinamis, menantang, dan volatile menuntut investasi yang unggul secara fundamental.

”Investor membutuhkan investasi yang terencana dan terdefinisi dengan baik. Hal ini yang ditangkap RHB Asset Management dengan meluncurkan produk reksa dana dengan imbal hasil yang menguntungkan dan aman karena diperingkat oleh lembaga peringkat yang disertifikasi OJK," ujar Khairussaleh.

Sedangkan Regional CIO RHB Asset Management, Ho Cheah How mengatakan, Fixed Income Fund 2 merupakan alternatif investasi menarik ditengah-tengah bunga deposito yang terus turun. Investasi ini juga memberikan manfaat yang lebih pasti ditengah kondisi keuangan yang mengalami volatile.

Sebagai informasi, RHB Asset Management merupakan perusahaan manajemen investasi yang berada dalam posisi 19 di Indonesia dengan asset yang dikelola lebih dari Rp3,7 triliun (per Juni 2016) dan menargetkan akhir tahun bisa menjadi 10 besar.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini